Tokoh Papua Hendrik Yance Udam  :  Saya Mewakili Masyarakat  Papua Memberikan Apresiasi Kepada Panglima TNI

oleh manager
1072 tampilan
Bagikan berita ini

 

Jakarta. Jenderalnews.com  –  ToKoh Papua Hendrik Yance Udam yang lebih akrap di sapa dengan pangilan Bung HYU, mewakili masyarakat   Provinsi Papua dan Papua Barat memberikan  apresiasi  sebesar – besarnya kepada Bapak Panglima TNI   Marsekal Hadi Tjahjanto yang sudah melakukan  pengkaderan sumber daya manusia  orang asli papua di tubuh  institusi TNI,  karena telah mempromosikan  salah satu putra terbaik bangsa  asal papua yaitu Mayor Jenderal Joppye Onesimus Wayangkau  menjadi Letnan Jenderal Bintang Tiga di Tubuh Organisasi TNI dengan menduduki jabatan baru yaitu sebagai Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat (Danpusterad ) ,”kata HYU yang di temui media ini  di salah satu Hotel bintang  tujuh di jakarta pusat  rabu 13 mei 2020

Lebih lanjut Pria Hitam Manis  ini   menjelaskan bahwa,” hal ini adalah  merupakan suatu kehormatan tersendiri dan kebangaan bagi masyarakat asli papua bahwa sejak Indonesia merdeka 17  Agustus 1945 dan papua bergabung kedalam Negara Kesatuan Republik Indonesia Tahun 1961, baru pertama kali putra asli papua di promosi menjadi Jenderal Bintang Tiga berpangkat Letnan Jenderal di institusi TNI.

Secara piskologis   dengan di promosinya putra asli menjadi Jenderal Bintang Tiga di institusi TNI , maka hal tersebut akan menjadi sebuah motivasi atau spirit tertentu bagi masyarakat papua untuk benar – benar  mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia serta memiliki bangsa ini dan menjaganya serta ,merawatnya bersama – sama dalam kebinekaan .

” Bangsa ini adalah bangsa yang besar, berasaskan pancasila  dan merupakan  anugerah TUHAN  YANG MAHA ESA  ”

Sehingga tidak ada diskriminasi sesama anak bangsa dari sabang sampai merauke, tinggal bagaimana kita menunjukan kwalitas kita serta memiliki nasionallisme yang tuntas dalam bangsa ini agar  kita juga  dapat berprestasi  dan mengabdi bagi bangsa dan negera,”Jelas HYU yang juga adalah Ketua Umum   ( Dpn Gercin ) Dewan Pimpinan Nasional Gerakan Rakyat Cinta Indonesia.

Ditambahkan HYU,” bahwa  saya berharap dengan di lantiknya putra papua sebagai Jenderal Bintang Tiga di organisasi TNI  , maka saya meminta kepada masyarakat papua dan masyarakat papua barat untuk bersama – sama memberikan dukugan kepada TNI yang ada di seluruh Indonesia terlebih khusus TNI yang bereda di Provinsi Papua dan Papua Barat , sehingga kedepanya  banyak putra – putri asli papua yang berprestasi di segalah bidang termasuk di tubuh  organisasi TNI itu sendiri.

“ Kita semua harus bisa menghindari  dan melawan  gerakan – gerakan yang bertentangan dengan idiologi pancasila  yang ada di papua ,  dan juga kita harus memberikan dukungan kepada Presiden Republik Indonesia Bapak Ir Jokowidodo dalam membangun Indonesia terlebih khusus membangun Tanah papua yang  yang jauh lebih baik dari hari kemarin,” harap Bung HYU mutiara hitam dari  timur.

 

Sementara itu Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa memimpin upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Danpusterad dari Mayjen TNI Arif Rahman kepada Mayjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau dan Pangdam XVIII/Kasuari dari Mayjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau kepada Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra bertempat di Gedung E Lantai Dasar, Mabesad, Jakarta, Senin (11/5/2020).

Demikian disampaikan Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Kolonel Inf Nefra Firdaus dalam rilisnya yang di terimah media ini.

Dijelaskan oleh Nefra, bahwa pergantian tersebut berdasarkan Surat Perintah Kasad nomor : Sprin/1205/V/2020  tanggal 5 Mei 2020 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI AD.

Menariknya, kedua pejabat yang dilantik tersebut merupakan putra asli Papua. Sedangkan, Mayjen Arif Rahman akan menempati posisi jabatan baru sebagai Pa Ahli TK III  Kasad bidang Komunikasi Sosial.

Untuk diketahui, Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat (Danpusterad) yang baru, Mayjen TNIJoppye Onesimus Wayangkau

merupakan putra kelahiran Serui, Papua,17 Juli 1962, lulusan Akademi Militer (Akmil) 1986 dari kecabangan Infanteri dan lulusan Lemhannas tahun 2013.

Sebelum mendapat kepercayaan jabatan promosi bintang tiga (Letjen), sebagai Danpusterad, Mayjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau pernah mengemban sejumlah jabatan penting, diantaranya :

Danbrigif 24/Bulungan Cakti (2009-2011) Asops Kasdam XVII/Cenderawasih (2011-2012), Danrem 172/Praja Wira Yakthi (2012-2013), Irdam XVII/Cenderawasih (2013-2014), Wadanpussenif Kodiklat TNI AD (2014-2015), Kasdam V/Brawijaya (2015-2016),

Pati Sahli TK III Bid SosbudKum Panglima TNI (2016), dan Pangdam XVIII/Kasuari (2016-2020).

Demikian juga, Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra. Beliau merupakan putra kelahiran Serui, Papua, 6 Januari 1963, lulusan Akademi Militer (Akmil) 1987 dan lulusan Lemhannas tahun 2015.

“Sebelum  mendapat kepercayaan sebagai Pangdam XVIII/Kasuari ,

Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra menjabat sebagai Wakil Komandan Sesko TNI, sejak 14 Agustus 2019,” ujar Nefra.

Beberapa jabatan strategis yang pernah diembannya, sambung Nefra, antara lain Kapendam XVII/Cendrawasih (2011),

Kasrem 171/PVT (2012)

Staf Ahli Pangdam XVII/Cendrawasih bidang Ideologi Politik (2014), Paban Sahli Bid. Komphan Pok Sahli Bid. Jemen Sishanneg Sahli Kasad (2016), dan

Bandep Lingkungan Sosial Setjen Wantannas (2017).

Dijelaskan Kadispenad bahwa alih tugas dan serah terima jabatan di lingkungan organisasi TNI AD, termasuk jabatan Danpusterad dan Pangdam XVIII/Ksr merupakan upaya penyegaran dalam tubuh organisasi yang dilandaskan pada kepentingan pembinaan personel dan pembinaan satuan, serta diproyeksikan bagi peningkatan kinerja organisasi, guna menjamin pelaksanaan tugas pokok TNI AD.

Ditambahkan Kadispenad bahwa untuk jabatan Danpusterad mengalami peningkatan (validasi Organisasi), yang semula dijabat Pati bintang dua, menjadi Pati Bintang tiga (Letjen).

“Hal ini mengacu pada Perkasad nomor 26 tahun 2019, yang merupakan turunan dari Perpres 66 tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI,” terang Nefra.

Upacara Sertijab Danpusterad dan  Pangdam XVIII/Ksr dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penularan pandemi Covid-19. Upacara yang berlangsung dengan tertib dan khidmat tersebut, antara lain ditandai dengan penyerahan lambang-lambang satuan, penyerahan tongkat komando dan penyematan tanda jabatan serta  penandatanganan naskah serah terima jabatan dan pakta integritas.

Selain itu, sebelum pelaksanaan upacara Sertijab, yang pelaksanaannya dirangkaikan dengan laporan korps kenaikan pangkat 13 Pati TNI AD, Kasad dan semua yang hadir menyaksikan tayangan slide show dokumentasi foto-foto perjalanan karier pejabat yang melaksanakan Sertijab, sejak awal menjadi prajurit TNI sampai dengan menempati posisi saat ini, melalui videotron Mabesad, serta diakhiri sesi foto pejabat yang melaksanakan Sertijab beserta istri dengan Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa didampingi Ketua Umum Persit KCK Ny. Hetty Andika Perkasa.

Selain Kadispenad, hadir dalam kesempatan tersebut, Wakasad Letjen TNI Moch. Fachruddin, Pangkostrad Letjen TNI Besar Harto Karyawan, Koorsahli Kasad, Irjenad,  para Asisten Kasad, dan para Pati TNI AD yang naik pangkat beserta istri.

Reporter Sandra Charlotte

 

 

 

Berita Lainnya untuk Anda

Tinggalkan Komen