Wakil Walikota Jayapura Rustan Saru,  Ratusan Warga   Kota Jayapura  Reaktif  Corono Di Isolasi Di  Salah Satu Hotel Di Kota Jayapura

oleh manager
Bagikan berita ini

 

Jayapura. Jenderalnews.com – Ratusan warga dengan status reaktif  Virus Corona saat ini menjalani isolasi di sebuah hotel di kawasan Entrop, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura.

Dalam kunjungannya ke hotel  tersebut , Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kota Jayapura,  Wakil Walikota Jayapura Rustan Saru  SE MM, berterima kasih atas kerelaan dan keikhlasan warga untuk datang ke hotel yang telah ditentukan sebagai ruangan isolasi corona

“Saya tak bisa bayangkan, jika semua warga yang reaktif  Virus Corona tak mau diisolasi dan berpisah dari keluarga. Namun, dengan kerelaan ibu dan bapak ada di tempat ini, kami semua berterima kasih. Ini semua dilakukan guna memutus rantai corona,” jelas Rustan, Rabu 13 Mei 2020.

Rustan juga menyanjung warga yang reaktif Virus  Corona bersedia berpisah dari keluarga untuk sementara waktu dan menjalani isolasi.

“Bapak dan ibu semua adalah warga yang cerdas, mengerti akan kepentingan bersama. Tetap berdoa dan yakin akan sembuh dari corona,” katanya.

Setelah dilakukan karantina wilayah tertentu di sekitar Pasar Hamadi dan pemukiman warga, Pemkot Jayapura melakukan rapid test massal yang telah dilakukan sejak Selasa 12 Mei 2020.

Rapid test pertama pada Selasa kemarin, ada 302 orang yang menjalani rapid test, lalu sebanyak 73 orang reaktif. Lalu, hari ini pada Rabu 13 Mei 2020, sejak pagi hingga sore dilakukan rapid test sebanyak 607 orang dan 167 orang reaktif corona.

“Besok hotel akan full. Nanti kami atur penempatannya semoga bisa muat. Setelah berada di hotel, kami harap bapak ibu tak gelisah karena berpisah dengan keluarga. Saya paham perasaan bapak dan ibu berpisah dengan keluarga. Anggap saja kita sedang merantau beberapa hari di sini,” kata Rustan.

Rencananya esok hari akan dilakukan uji swab PCR kepada warga yang diisolasi di hotel. Jika hasil swab negatif, maka warga bisa pulang. Namun, jika ada yang positif corona, maka akan dirawat di rumah sakit atau tetap berada di hotel.

“Jika ada warga yang swab positif dan tak ada gejala Covid-19, bisa tinggal di hotel untuk perawatan. Namun jika ada pasien yang mengalami keluhan, maka harus menjalani perawatan di rumah sakit,” katanya.

Untuk tetap menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh, Pemkot Jayapura menyarankan warga yang diisolasi melakukan olahraga rutin di hotel. Termasuk kepada warga yang sedang menjalankan ibadah juga dapat melakukan olahraga atau berjemur sinar matahari, namun tetap diatur waktunya.

“Ada lapangan di bawah sekitar hotel. Kami akan berikan bola kaki, atau raket dan bolanya. Bisa olahraga pagi, agar tetap sehat. Saya sarankan berjemur dibawah sinar matahari,” ujarnya.

 

Rustan berpesan kepada warga yang diisolasi di hotel untuk memberitahukan pihak hotel atau tim kesehatan, jika ada kekurangan atau kebutuhan lainnya yang dibutuhkan.

 

Reporter  Sandra Charlotte

 

 

Berita Lainnya untuk Anda

Tinggalkan Komen