Pandemi Covid-19 Dapat Berlangsung hingga 5 Tahun Ini Kata WHO

oleh manager
518 tampilan
Alun-alun Trafalgar di London, Inggris, tampak sepi pengunjung pada 5 Mei 2020 akibat karantina nasional atau lockdown untuk mencegah penularan virus corona. ( Foto: AFP )
Bagikan berita ini

 

Alun-alun Trafalgar di London, Inggris, tampak sepi pengunjung pada 5 Mei 2020 akibat karantina nasional atau lockdown untuk mencegah penularan virus corona. ( Foto: AFP )

Jakarta. Jenderalnews.com – Kepala Ilmuwan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Dr. Soumya Swaminathan, mengatakan pandemi virus corona atau Covid-19 dapat berlangsung hingga lima tahun ke depan.

“Menurut saya dalam kerangka waktu empat atau lima tahun ke depan, kita bisa mengendalikan wabah ini,” kata dia dalam webinar dengan Financial Times Global Boardroom, Rabu (13/55/2020).

Dia mengatakan penemuan vaksin adalah jalan keluar terbaik dalam mengatasi Covid-19, tetapi masih banyak keraguan akan keamanan, produksi dan distribusi yang adil. Selain itu, langkah-langkah pembatasan yang efektif juga akan menentukan seberapa lama pandemi ini akan berlangsung.

Korban jiwa Covid-19 sudah melewati angka 300.000 pada Kamis (14/5/2020), menurut data Johns Hopkins University. Selain itu, lebih dari 4,4 juta penduduk dunia juga positif terinfeksi virus ini. Karena hampir setiap negara punya cara berbeda dalam menghitung kasus positif dan korban jiwa, hampir bisa dipastikan angka yang sebenarnya jauh lebih tinggi lagi.

Dalam beberapa pekan terakhir, sebagian negara, seperti Tiongkok dan Korea Selatan, mulai membuka kembali aktivitas perekonomian mereka setelah berhasil mengendalikan penyebaran Covid-19. Namun, di saat yang bersamaan, kasus baru muncul kembali sehingga dikhawatirkan terjadi gelombang kedua Covid-19.

International Energy Agency mengatakan jumlah orang di dunia yang hidup dalam kebijakan pembatasan sosial per akhir Mei turun menjadi 2,8 miliar orang dari 4 miliar pada puncak lockdown.

 

Reporter Sandra Charlotte

Berita Lainnya untuk Anda

Tinggalkan Komen