Kampung Ayapo Lakukan Panen Raya Perdana Menjadi Spirit Lokal di Masa Pandemi Covid-19

oleh manager
663 tampilan
Bagikan berita ini

 

Sentani Jenderal.com– Gerakan kembali menanam guna menjaga ketahanan pangan dibuktikan oleh kelompok tani Ibha di kampung Ayapo, Distrik Sentani Timur Kabupaten Jayapura. Dengan semangat gotong royong, serta rasa kekeluargaan, masyarakat adat Heram Ayapo bersama- sama membuat kebun, tanaman yang ditanam diantaranya umbi – umbian dan sayur – sayuran dilahan seluas 1 hektar.
Jeli melihat situasi perkembangan pandemi covid – 19, yang terus meluas dan meningkat kasusnya di Papua. Maka kelompok tani Ibha di kampung Ayapo, dari beberapa suku yang ada dalam struktur keondoafian Heram Ayapo berinisiatif untuk berkebun.
Bupati Kabupaten Jayapura, Mathius Awoitauw yang hadir dan melakukan panen perdana dikampung Ayapo pada Jumat 22/Mei/ 2020, memberikan apresiasi bagi Kelompok Tani Ibha, karena tanpa intervensi Pemerintah masyarakat secara sadar sudah bergerak untuk berkebun.
Melihat semangat dari masyarakat Ayapo untuk berkebun, maka Dinas Pertanian Kabupaten Jayapura ikut turut membina kelompok tersebut, dengan tujuan masyarakat dapat mempertahankan spirit lokal yang ada, agar nilai – nilai kearifan lokal suku sentani tetap lestari.


Bupati Awoitauw berharap agar kampung – kampung lain di Kabupaten Jayapura bisa menggerakan kekuatan adat, solidaritas, serta kerukunan yang ada didalam sistim adat masing – masing, untuk terus dibangun seperti yang kita lihat hari ini di Kampung Ayapo.(vj)

Reporter Mosess Baab

Berita Lainnya untuk Anda

Tinggalkan Komen