Wakil Gubernur Provinsi  Papua  Klementinal SE MM, Resmi Lepas Tenaga Kesehatan ke Tempat Tugas

oleh manager
569 tampilan
Bagikan berita ini

Jayapura. (Jenderalnews.com) – Pengadaan tenaga kesehatan sebagai salah satu perwujudan dari tujuan pembangunan nasional, tenaga kesehatan merupakan tulang punggung pelayanan kesehatan yang berkelanjutan, terintegrasi, dan berkesinambungan.
Hari ini Kamis 28/mei/2020, pemerintah provinsi papua resmi melepas para tenaga kesehatan, para tenaga kesehatan ini merupakan salah satu faktor pendukung keberhasilan dalam mencegah bahaya dari Covid-19 di provinsi papua.
Merujuk pada jumlah tenaga kesehatan yang masih terbatas pada sarana kesehatan diprovinsi papua, maka Pemerintah Provinsi Papua melalui program pemberdayaan SDM kesehatan, bermaksud memberdayakan SDM kesehatan sebagai tenaga kontrak guna melakukan sosialisasi,pencegahan dan penanggulangan Covid-19.
Yang menjadi sasaran pemberdayaan SDM adalah masyarakat didaerah potensial, dengan rincian tenaga kesehatan sebagai berikut : Tim satgas relawan Covid – 19 sebanyak 21 orang terdiri dari 7 Dokter, 3 Epidemiologi, 11 Dokter muda. 21 tenaga kesehatan ini rencananya akan ditempatkan 5 orang diKota Jayapura, 5 orang diKabupaten Jayapura, 5 orang diKabupaten Keerom, dan 6 orang diKabupaten Sarmi.
Selain itu ada juga tim satuan tugas kesehatan kaki telanjang sebanyak 96 orang yang terdiri dari perawat 28 orang, bidan 21, kesling 10, gizi 10, farmasi 14, promkes 9 , epidemiologi 4 orang.
Para tenaga kesehatan terbagi dalam 16 tim penempatan yaitu di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Keerom, Sarmi, Merauke, Mappi, Bovendigoel, Yahukimo, Jayawijaya, Lanny Jaya, Puncak Jaya, Mimika, Nabire, Dogiay, Paniai, dan Biak Numfor.
Ada juga Internsip Dokter Indonesia sebanyak 28 orang penempatan wahana diantaranya, di Rumah Sakit Marthen Indey 9 orang, Rumah Sakit Bayangkara 10 orang, Rumah Sakit Dian Harapan 9 orang. Pelaksanaan pemberdayaan SDM kesehatan tahun 2020 ditetapkan dikota atau kabupaten yang berpotensi terdampak Covid – 19.
Selaian Pelepasan Tenaga Kesehatan oleh Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal di Kantor Dinas Kesehatan Provinsi papua, juga dilakukan serah terima bantuan 1000 Box atau paket Hygine Kits dari Unicef kepada Pemerintah Prov Papua dan 10 Ventilator dari Pemerintah Provinsi Papua kepada RS Mitra.

Reporter Andre Fonataba

Berita Lainnya untuk Anda

Tinggalkan Komen