Reuni Purna KNPI Sumut 23 Juli 2022 : HYU Dorong Reuni Purna KNPI Secara Nasional

oleh manager
Bagikan berita ini

Jakarta (Jenderalnews.com) Aktifis, pengurus dan pendiri KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia) Sumatera Utara menggagas reuni para mantan anggota dan pengurus KNPI tersebut, Sabtu 23 Juli 2022 di Medan.

Purna KNPI ini dihitung dari awal berdirinya KNPI pada 23 Juli 1973 s/d 23 Juli 2015 sehingga Reuni KNPI ini nantinya harus meriah dihadiri tokoh-tokohnya.

Subur Sembiring, salah seorang penggagas reuni ini, kepada media ini , Senin (27/6) menjelaskan persiapannya sudah dilakukan dalam pertemuan perdana di kediaman H Syamsul Arifin,

mantan Ketua DPD KNPI dan Gubernur Sumut belum lama ini dan akan dilanjutkan Paripurna Kedua Purna KNPI Sumut, Rabu (6/7) di kediaman Syarifuddin Siba, Jalan Martimbang Medan.

Penggagas reuni ini, di KNPI Sumut , periode 1991 s/d 1994, sebagai Koordinator Biro Sumber Daya Manusia kemudian sebagai Wakil Sekretaris Majlis Pemuda Indonesia DPP KNPI Periode 2012 s/ 2015, sebelumnya sudah berkomunikasi dengan Syamsul Arifin, Syarifuddin Siba, Syakhyan Asmara dan lainnya.

Subur Sembiring, pemilik Pasar Pajus dan Pasar Sembada, keduanya di Medan ini, sudah mendata yang akan hadir nantinya H Syamsul Arifin, Syakhyan Asmara, Edy Sahputra Taher, Hadrian Daulay, Janter Siregar, Dartatik Damanik,

Bahdin Nur Tanjung, Pujiati, Anshari Tarigan, Syahrir, Zaidan BS, Amru Mahalli, Horas Sitompul, Ernayani Nasution, Nimelda Purba, Efendy Naibaho, Syamsul Qomar,  Effendi Manullang, Sihar Cibro,

Armyn Gultom,  Harmaen Ginting,, Syahrul Pasaribu, Arjoni Munir, Hikmatul Fadillah dan Hasiholan Sidabutar. H Bomer Pasaribu, pendiri pertama KNPI di Sumut ini juga akan hadir.

Paripurna Kedua Purna KNPI Sumut ini akan dipimpin langsung H Syamsul Arifin, persisnya mantan Ketua DPD KNPI Sumut periode 1991 s/d 1994, ujar Subur Sembiring,

Dikutip dari Wikipedia, Komite Nasional Pemuda Indonesia, atau lebih populer dengan singkatan KNPI, adalah organisasi kepemudaan yang awalanya merupakan gabungan dari Kelompok Cipayung, melalui deklarasi yang dipimpin David Napitupulu pada 23 Juli 1973 di Jakarta.

Organisasi ini lahir melalui Deklarasi Pemuda Indonesia pada hari yang sama dengan maksud menumbuhkan, meningkatkan dan mengembangkan kesadaran sebagai suatu bangsa yang merdeka dan berdaulat berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945.

Organisasi ini langsung mendapat restu dari Pemerintahan Orde Baru dan pada tahun itu pula, mereka mengikuti unjuk rasa mahasiswa dalam penentangan masuknya modal asing.

Tahun berikutnya, mereka juga turut serta dalam demonstrasi Malari. Anggota KNPI banyak yang akhirnya bergabung dengan Golkar.

Meskipun dianggap sebagai bagian dari Orde Baru dan sempat diusulkan untuk dibubarkan, namun KNPI tetap bertahan hingga setelah jatuhnya Soeharto pada tahun 1998.

Setelahnya, Idrus Marham terpilih sebagai ketua umum. Ia mewacanakan rejuvenasi KNPI atau penyegaran kembali peran KNPI di tengah realitas politik nasional. Rejuvenasi ini akhirnya memaksa KNPI untuk independen dan kembali memosisikan pemuda sebagai mitra kritis pemerintah.

Diperkirakan akan hadir lebih dari 1.000 orang tokoh-tokoh dan generasi penerus pada pengukuhan Alumni KNPI Sumut Periode 1973 s/d 2017, terdiri dari seluruh pengurus KNPI periode saat ini, para pimpinan OKP (Organisasi Kemasyarakatan Pemuda) Sumut, ormas dan pramuka serta tokoh agama, profesi dan lain-lain.

Penggagas reuni purna KNPI ini, Subur Sembiring, kepada media ini Rabu (29/6) menjelaskan rencana pengukuhannya dilaksanakan Sabtu 23 Juli 2022 di Hotel Polonia Medan.

Tanggal 23 ditetapkan sebagai tanggal pengukuhan  karena di tanggal tersebut KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia ) dideklarasikan di Jakarta.

Menyukseskan agenda besar itu, Subur, menyebutkan rapat paripurna kedua Purna KNPI Sumut dipimpin Syamsul Arifin, mantan Ketua DPD KNPI Sumut, juga mantan Gubernur Sumut bersama Syakhyan Asmara,

mantan deputi di Kementerian Pemuda dan Olahraga,  Rabu 06.07.22 di Jalan Martimbang Medan, rumah Syarifuddin Siba, pengusaha sukses Siba Island di Hamparan Perak, yang juga mantan Sekretaris DPD KNPI Sumut.

Di paripurna kedua ini sudah banyak yang menyatakan kesediaan hadir sedang pada acara Pengukuhan Pengurus Purna KNPI Sumut nantinya, untuk pertama sekali dilakukan Ketua Dewan Pembina Pengurus Purna KNPI Sumut H Syamsul Arifin, SE disaksikan Menpan – RB Tjahyo Kumolo, Yapto Sumarsono, Akbar Tanjung dan Gubernur Sumut Letjend Purn Edy Rahmayadi.

Periode Kepemimpinan KNPI dari berbagai sumber lainnya,

No Nama Periode
1 David Napitupulu 1974 – 1978
2 Akbar Tandjung 1978 – 1981
3 Aulia Rahman 1982 – 1984
4 Abdullah Puteh 1984 – 1987
5 Didiet Haryadi 1987 – 1990
6 Tjahjo Kumolo 1990 – 1993
7 Tubagus Haryono 1990 – 1993
8 Maulana Isman 1993 – 1996
9 Adhyaksa Dault 1996 – 2002
10 Idrus Marham 2002 – 2005
11 Ihasanuddin Yusuf 2005 – 2008
12 Ahmad Doli Kurnia 2008 – 2011
13 Taufan EN Rotorasiko 2011 – 2014
14 Muhammad Rivai Darus 2014 – 2018
15 Noer Fajriansyah

 

Sementara itu Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Gerakan Rakyat Cinta Indonesia ( Dpn Gercin Indonesia ) HYU sapaan akrab dari Hendrik Yance Udam tokoh nasional asal Papua yang di hubungi media ini melalui pesan  WhatsApp ( Kamis 30 Juli 2022 ) saat berada di salah satu Hotel berbintang di Jakarta Pusat.

Dalam  pesan  singkat tersebut HYU mengatakan, sudah saatnya alumni KNPI melakukan konsolidasi organisasi  secara eksternal dan internal untuk menjaga persatuan dan kesatuan Pemuda Indonesia.

Sebab KNPI selama ini sudah terpecah menjadi beberapa kelompok dan sangat berbahaya bagi kepentingan Bangsa  dan Negara karena dapat menganggu stabilitas politik dan keamanan Negara,

Karena KNPI  sudah tidak lagi di control dengan baik karena wadah KNPI yang merupakan wadah berhimpun pemuda Indonesia sudah terkotak kotak oleh beberapa  kelompok KNPI yang mengatasnamakan KNKPI itu  sendiri,”Kata HYU

Lebih lanjut HYU mengatakan,saya memberikan dukungan dan mengapresiasi salah satu Senior KNPI yaitu Bung Subur Sembiring yang turun  gunung untuk melakukan konsolidasi alumni dan pendiri KNPI di Provinsi Sumatra Utara dengan membuat kegiatan akbar alumni KNPI yang akan di hadiri oleh ribuan Alumni KNPI se – Provinsi Sumatera Utara,”Koar HYU

Ditambahkan HYU yang merupakan alumni KNPI Provinsi Papua,setelah  kegiatan Reuni Purna KNPI di Provinsi Sumatera Utara yang akan di laksanakan pada  tanggal 21 Juli 2022 di Kota Medan maka di keluarkan lah rekomendasi untuk di buat secara bersama  Kongres alumni KNPI se- Indonesia untuk mempersatukan par alumni KNPI.

Menurut HYU,Wadah Korps Alumni KNPI sangat di butuhkan  sebagai tempat berkumpulnya para alumni yang pernah pada masa mudanya berorganisasi dan dibentuk kepemimpinannya di KNPI.

Untuk berkumpul dan bersilaturami serta dapat juga menyelesaikan persoalan – persoalan Bangsa yang semakin rumit kedepan. Apalagi Bangsa kita akan menghadapi pemilu legislative dan pemilu Presiden 2024 yang akan mengrus energi politik yang sangat besar.

HYU berharap agar supaya kegiatan Reuni Purna KNPI di Provinsi Sumatera Utara yang akan di laksanakan pada  tanggal 21 Juli 2022 di Kota Medan dapat berjalan dengan baik sehingga dapat memberikan konstribusi yang nyata dalam membangun Bangsa dan Negara tercinta,”harap HYU melalui pesan singkat WhatsAPPnya

 

 

 

 

 

Berita Lainnya untuk Anda

Tinggalkan Komen