Dandim Puncak Berhasil Ajak Tendison Enumbi Anggota Kelompok Saparatis Bersenjata Wilayah Mewoluk Kembali Ke Pangkuan NKRI

oleh manager
521 tampilan
Bagikan berita ini

Puncak Jaya (Jenderalnews.com)  – Melalui pendekatan sosial dan pembangunan yang berada di Puncak Jaya, seorang anggota KSB menyerahkan diri dengan 1 pucuk senjatanya untuk kembali ke pangkuan ibu Pertiwi.

Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Cpl Eko Daryanto menerangkan bahwa proses keinginan penyerahan diri dan kembali bergabung kedalam bagian masyarakat dan NKRI tersebut bermula ketika Dandim 1714/PJ Letkol Inf Agus Sunaryo berkomunikasi selama 1 bulan dengan salah satu anggota KSB Sdr. Tendison Enumbi

Setelah komunikasi berjalan lancar selama 1 bulan tersebut, Sdr. Tendison Enumbi menyampaikan akan menyerahkan diri ke pemerintah.

Selanjutnya hari Kamis (18/06/2020) sdr. Tendison dan Dandim merencanakan akan bertemu di sekitar Kota Mulia untuk menyerahkan senjata pistol jenis Barreta buatan Italia beserta amunisi nya.

Tetapi saat perjalanan menuju Kota Mulia sdr. Tendison yang berangkat dari kampung Elubo, Distrik Mewoluk terjatuh di kali Mewoluk dan menyebabkan pistol yang di bawa meletus dan mengenai dibawah Pinggang kanan tembus betis Kaki Kanan.

Sekitar Pukul 15.30 WIT Masyarakat yang menemukan sdr. Tendison yang sedang terluka membawanya bertemu dengan wakil ketua Klasis. Selanjutnya wakil ketua klasis Mengajak korban ke kota Mulia untuk berobat.

Saat perjalanan menuju RSU Mulia, sdr. Tendison menyampaikan kepada kelompoknya yang ada disekitar TKP, untuk tidak usah mengikuti dia dan membubarkan diri dikarenakan Tendison akan menyerahkan diri ke pemerintah dengan senjata yang dibawa.

Setelah tiba di RSU Mulia sdr. Tendison langsung ditangani oleh pihak medis untuk dilakukan pemeriksaan di ruangan Radiologi dilanjutkan pengecekan Rontgen.

Sementara itu menunggu kesembuhan sdr. Tendison, Penyerahan senjata secara resmi dari Tendison yang diwakili oleh keluarga ke Pemerintah yaitu Bapak Bupati Puncak Jaya yang selanjutnya direncanakan akan diserahkan kepada aparat TNI/Polri pada hari Senin tgl 22 Juni 2020 di Alun-alun Roh kudus Kab. Puncak Jaya,”pungkas Kapendam. (Otentikasi : Kapendam XVII/Cenderawasih. (Fian).

 

 

Berita Lainnya untuk Anda

Tinggalkan Komen