Situasi Politik Papua Memanas :Tokoh Papua Minta Usut Tuntas Penembakan Pdt Yeremia Zanambani, S. Th  Di Papua

oleh manager
1137 tampilan
Bagikan berita ini

Jakarta ( Jenderalnews.com) – Situasi politik di papua memanas saat mencuatnya pemberlakuan Otonomi Khusus Jilid dua dan Penembakan Pdt.Yeremia Zanambani, S. Th di kabupaten Intan Jaya Provinsi Papua.

Penembahkan tersebut masih misterius sebab dari pihak  TPN PB  ( Tentara Pembebasan Papua Barat ) atau KKB ( Kelopok Sipil Bersenjata )

menuduh pihak TNI yang melakukan penembakan dan dari pihak TNI/Polri menuduh dari pihak TPN PB/KKB  lah yang melakukan penembakan.

Desakan untuk mengusut tuntas kasus tersebut secara trasparan datang dari berbagai kalangan mulai dari tokoh masyarakat di papua.Tokoh adat anggota DPRD Papua.Anggota DPR RI,Organisasi PGI  ( Persekutuan Gereja Indonesia) serta ormas – ormas kepemudaan yang bernafaskan Kekristenan di Indonesia .

Desakan kali ini datang dari HYU sapaan akrab dari  Hendrik Yance Udam salah satu Tokoh Nasional asal  papua yang  di temuai di Jakarta sabtu 26 September 2020. Dengan tegas HYU mengatakan bahwa,” Saya meminta kepada aparat penegak  hukum untuk segera mengusut  tuntas kasus penembakan Pdt.Yeremia Zanambani, S.Th secara  transparan serta di publikasikan ke Publik sehingga kita tau siapa actor intelektual yang melakukan aksi tersebut yang mengakibatkan kematian terhadap Pdt.Yeremia Zanambani S.Th di kabupaten intan jaya Provinsi Papua baru – baru ini .

HYU pria bercirikas breok berkopia merah  asalah papua ini  menjelaskan bahwa,” kedua bela pihak  yang saling  menuding tentang siapa oknum pelaku penembakan tersebut harus bisa berkata dengan trasparan ke hadapan publik dan melakukan permohonan maaf  agar bisa di  proses secara hukum yang berlaku di NKRI.

Apakah dari pihak TPN PB/KKB  atau dari  Pihak TNI/Polri  sehingga persoalan tersebut tidak melebar karena dapat menganggu eksistensi NKRI di tanah papua.

“ Pengakuan jujur siapa oknum pelaku penembahkan almarum Pdt.Yeremia Zanambani S.Th kehadapan publik sangat di perlukan sehingga dapat meredam konflik kepentingan yang ada di papua yang lagi memanas “

Karena dari pihak keluarga korban  almarum Pdt.Yeremia Zanambani S.Th dalam konferensi persnya seperti di muat oleh suarapapua.com mengatakan bahwa,”pihak keluarga korban mengakui pelaku penembakan pendeta Yeremias Zanambani S.Th adalah murni aparat Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Hal itu disampaikan Rycho Kobogau, salah satu mahasiswa Intan Jaya di Jayapura, sebagaimana pernyataan istri almarhum Pdt. Yeremia Zanambani kepada mahasiswa melalui panggilan telepon dari Intan Jaya guna meluruskan fakta kejadian di lapangan kepada publik.

“Keluarga korban mengatakan sebelum meninggal dunia, ia (almarhum) menyebutkan yang menembak dirinya adalah anggota TNI.

Jadi kami mau luruskan bahwa yang melakukan penembakan jelas aparat TNI bukan TPNPB,” kata Kobogau saat menggelar jumpa pers di asrama Intan Jaya, Waena, Kota Jayapura, Kamis (24/9/2020).

Sementara itu, Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw membantah bahwa pelaku penembakan pendeta Zanambani bukan dilakukan oleh anggota TNI, karena belum dilakukannya olah TKP oleh pihak kepolisian.

“Kami minta kepada pihak-pihak yang menuding untuk tidak menyebabkan informasi yang tidak betul, karena belum dilakukan olah TKP guna membuktikan siapa pelaku penembakan itu dilakukan oleh TNI atau KKB,” tuturnya.

Ditambakan HYU,” isu papua  sudah sangat mengkristal bukan lagi menjadi konsumsi politik masyarakat local saja, dan nasional namun sudah menjadi konsumsi publik masyarakat internasional oleh sebab itu pemerintah harus lebih berhati – hati dalam mengelola isu – isu papua dengan baik.

Kasus penembakan Pdt.Yeremia Zanambani S.Th juga sudah di bahas di Dewan Gereja  se – Dunia, oleh sebab itu saya minta kepada  Bapak Presiden Jokowi untuk segera membentuk tim pencari fakta independen untuk turun secara langsung ke masyarakat guna mencari tau siapa oknum pelaku penembahkan Pdt.Yeremia Zanambani S.Th.

HYU juga sangat menyayangkan akan  aksi – aksi kekerasan yang terjadi di papua yang menewasakan warga sipil dan anggota TNI/POLRI yang di lakukan oleh TPN PB/ KKB dan sebaliknya anggota TNI/Polri yang di duga  juga menewaskan masyarakat sipil yang ada di papua.

Sebab  menurut HYU kekerasan demi kekerasan  yang terjadi di papua tidak dapat menyelesaikan persoalan papua yang berkeadilan justru sebaliknya akan mengakibatkan persoalan baru yang lebih besar lagi.

Putra asli papua ini  juga berharap untuk Bapak Presiden Jokowi untuk membuka ruang  berdialog kepada kelompok – kelompok yang melakukan kekerasan di papua dalam hal ini  TPN PB/KKB  bersama dengan Pemerintah  untuk mencari solusi strategis dalam menciptakan kedamain di papua serta menyelesaikan persoalan – persoalan  dasar yang ada . “

Sementara itu para pimpinan gereja-gereja di Papua meminta Presiden Jokowi agar memberi perhatian serius terhadap peristiwa penembakan Pendeta Yeremia Zanambani, STh di Kampung Hitadita, Intan Jaya, Papua dengan membentuk tim investigasi independen yang melibatkan seluruh komponen masyarakat, termasuk gereja, serta perlunya dibuka ruang dialog.

Hal tersebut terungkap dalam konprensi pers virtual yang diinisasi oleh MPH-PGI, pada Kamis (24/9).

Para pimpinan gereja-gereja di Papua yang hadir dalam konprensi pers tersebut yaitu Pdt. Andrikus Mofu, MTh (Ketua Badan Pekerja Am Sinode Gereja Kristen Injili di Tanah Papua-GKI TP), Pdt. Hiskia Rollo, STh, MSi (Ketua Majelis Pekerja Harian PGIW Tanah Papua), dan Pdt. Petrus Bonyadone (Ketua Sinode GKII Wilayah II Papua). Juga Pdt. Dr. Daniel Ronda (Ketua Sinode Gereja Kemah Injil Indonesia-GKII).

Menurut Pdt. Andrikus Mofu, munculnya peristiwa penembakan Pdt. Yeremia Zanambani, STh serta peristiwa kekerasan lainnya, menimbulkan pertanyaan sejauhamana keseriusan Presiden Jokowi untuk menciptakan kedamaian di Papua. “Saat pidato di PBB Presiden Jokowi

menyinggung persoalan dunia, seperti Palestina. Namun hal ini memunculkan pertanyaan sejauh mana selaku Kepala Negara dalam tanggung jawab menyelesaikan pemasalahan yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia, terkhusus di Papua.

Dengan peristiwa penembakan, bukan hanya kepada Pdt. Yeremia, tetapi juga berbagai peristiwa sebelumnya, bahkan persoalan terkait kemanusiaan akhir-akhir ini, yang merengggut jiwa masyarakat, termasuk juga anggota TNI dan Polri, ini menimbulkan pertanyaan sejauh mana keseriusan negara,” katanya.

Lebih jauh dijelaskan, ada 4 akar masalah di Papua yang direkomendasikan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang harus diselesaikan, namun hal itu hingga saat ini belum dilaksanakan.

“Karena itu dengan peristiwa penembakan ini saya mengingatkan segera dibentuk tim independen yang melakukan investigasi secara adil dan seimbang, untuk mengungkapkan peristiwa yang terjadi akhir-akhir ini di Papua,” ujarnya.

Wakil Ketua Majelis Pertimbangan PGI ini juga mengingatkan pemerintah untuk segera mengevaluasi penempatan pasukan secara massif di Papua. Sebab menurutnya, hal ini tidak menyelesaikan masalah, tetapi justru menjadi sumber masalah. Serta perlunya dibuka ruang dialog.

Sementara itu, Pdt. Hiskia Rollo menegaskan, akibat kasus ini menimbulkan pertanyaan apa artinya integrasi Papua ke NKRI. Karena hal baik yang diharapkan tidak terwujud, tetapi malah sebaliknya. “Kami sedang menjelaskan Otsus kepada masyarakat agar mendapat pemahaman yang baik, tetapi justru terjadi penembakan terhadap pendeta di Hitadipa. Kami makin prihatin karena bisa menimbulkan ketidakpercayaan terhadap gereja. Sebab itu, ini menjadi momen bagi kita untuk membuat percapakan-percakapan yang terarah dan terukur, untuk menghindari bola liar di tengah masyarakat,” tegasnya.

Sedangkan Pdt. Petrus Bonyadone mengungkapkan, bahwa kronolgis peristiwa penembakan Pdt. Jeremia Zanambani ini telah diserahkan oleh gereja ke DPRD Intan Jaya dan selanjutnya diteruskan ke Kapolda Papua, Pangdam, dan Komnas HAM.

Diinformasikan pula, warga Hitadipa kini mengungsi ke kampung lain di sekitarnya, yang jaraknya sangat jauh dengan kondisi yang sulit ditempuh karena harus melalui pegunungan dan hutan rimba. Akibatnya, semua kegiatan, baik pendidikan, kesehatan, ekonomi di distrik itu tidak ada. Bahkan ibadah 6 gereja yang ada di wilayah itu pun berhenti. “Sebab itu saya mendukung perlu adanya tim investigas secara padu, karena peristiwa ini menyebabkan luka yang amat dalam,” tandasnya.

Pada kesempatan itu, mewakili Pimpinan Pusat GKII, Pdt. Daniel Ronda, menegaskan, sangat menyayangkan sikap pemerintah yang hingga saat ini belum menyampaikan komentar apapun atas peristiwa penembakan terhadap Pdt. Yeremia Zanambani.

Diakhir konprensi pers, Sekretaris Umum PGI, Pdt. Jacklevin F. Manuputty menegaskan, PGI menaruh perhatian yang sangat serius terhadap masalah Papua. Oleh karena itu ada Biro  Papua yang berkonsentrasi penuh terhadap masalah Papua. Juga Komisi Papua yang memberikan kontribusi dan sumbang saran bagi PGI dalam rangka terus mengutamakan Papua di dalam kiprah dan pelayanann PGI.

Menurutnya, PGI akan terus bersinergi untuk melihat perkembangan kasus ini, tetapi juga masalah lain yang terjadi, dan besar harapan tidak ada lagi darah tertumpah di tanah Papua  ( Arief )

Berita Lainnya untuk Anda

2 komen

Magletta Barcellona Oktober 15, 2020 - 10:18 am

Hi there mates, good post and pleasant arguments
commented at this place, I am genuinely enjoying by these.
Magletta Barcellona

Balas
manager Desember 30, 2020 - 5:15 pm

Thank You for Reading Aur News

Balas

Tinggalkan Komen