Pesoalan DOB Kabupaten Grime Nawa Sudah Selesai : HYU Minta Jangan Di Kelola Untuk Kepentingan Politik Pemilu Legislatif Dan Pilkada 2024

oleh manager
117 tampilan
Bagikan berita ini

Jakarta (Jenderalnews.Com) – Persoalan  Calon DOB ( Daerah Otonomi Baru ) Kabupaten Grime Nawa Provinsi Papua sudah selesai persoalnya dan saat ini semua sedang menunggu Sidang Paripurna DPR RI untuk mengesahkan UU DOB Kabupaten Grime Nawa dan berapa Kabupaten dan Kota di 6 Provinsi di Tanah Papua,” Kata HYU sapaan akrab dari Hendrik  Yance Udam  Kepala Kantor Perwakilan DOB Kabupaten Grime Nawa di Jakarta Jakarta yang di hubungi media ini via telpon selulernya Rab( 29 Maret 2023 ) saat berada di Jakarta

Lebih lanjut HYU mengatakan, Saya meminta dengan tegas  kepada elit – elit politik di Kabupaten Jayapura dan elit -elit Birokrasi di pemerintahan Kabupaten Jayapura agar supaya jangan membingunkan masyarakat tentang isu – isu  DOB Kabupaten Grime Nawa Provinsi Papua.

Dan jangan mengiring isu DOB Kabupaten Grime Nawa ke rana politik  praktis untuk pemilu legislative di Kabupaten Jayapura dan Provinsi serta Pilkada Kabupaten Jayapura dan Pillkada Gubenur Papua pada pemilu 2024 nanti.

Ini pemilu 2024 sudah mendekat sehingga isu Kabupaten Grime Nawa di Kelola secara cantik untuk mendorong proses – proses politik tersebut.

Saya menduga ada kelompok yang ada di birokrasi Kabupaten Jayapura sedang melukan kaloborasi dengan kelompok politik tertentu untuk mamainkan isu – isu DOB Kabupaten Grime Nawa untuk kepentingan pribadinya dengan memanfaatkan masyarakat adat

Mereka sedang berkerja secara masif  untuk menjaga konstituennya atau basis akar rumput mereka di masyarakat agar supaya  tidak terpecah dengan cara melakukan pertemuan – pertemuan di masyarakat dengan memakai isu – isu DOB Kabupaten Grime Nawa sebagai jualan politiknya    sehingga dapat di manfaatkan untuk kepentingan – kepentingan politik tertentu .

Saya meminta juga agar supaya Gerakan politik tersebut di hentikan sebab dapat membahayakan masyarakat adat dan bisa terjadi konflik horizontal dan vertikal di tengah – tengah masyarakat, adat ”Koar HYU melalu telpon selulernya.

Lanjut HYU Tokoh Politik Nasional Asal Papua ini meminta juga kepada elit – elit  politik dan birokrasi di Kabupaten Jayapura untuk  dapat kiranya mengedukasi masyarakat dan memberikan pendidikan politik dan pendidikan hukum bagi masyarakat khususnya di Kabupaten Jayapura terkait dinamika Pemekaran Wilayah Kabupaten Grime Nawa.

HYU menjelaskan selaku Kepala Kantor Perwakilan/Penghubung  Calon DOB Kabupaten Grime Nawa  Dalam RAKER Dan RDP MENDAGRI bersama KOMISI II DPR RI kami telah langsung bertatap muka dengan Bapak MENDAGRI R.I. Prof. Jenderal Pol (Purn) MUHAMMAD TITO KARNAVIAN, MA., P.hD

Untuk menyampaikan Perihal Percepatan Pembentukan DOB Kabupaten Grime Nawa di Provinsi Papua melalui Ketentuan UU Nomor 2 Tahun 2021 tentang Perubahan Kedua atas UU Nomor 21 Tahun 2001 sebagaimana Pemekaran 4 Provinsi di Tanah Papua beberapa waktu yang lalu.

Juga dalam kesempatan yang sama di depan ruang Rapat Komisi II DPR RI kepada Wakil Menteri Dalam Negeri RI Bapak JHON WENPI WETIPO kami telah menyampaikan Usul Pemekaran Kabupaten Grime Nawa yang telah menjadi RUU (Rancangan Undang-Undang) sejak Tahun 2009.

Untuk dipercepat proses pembentukannya melalui mekanisme konstitusional dan Peraturan Perundang- Undangan yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Hal yang sama juga dalam kapasitas sebagai Kepala Kantor Perwakilan/Penghubung Calon DOB Kabupaten Grime Nawa kami langsung sampaikan kepada Ketua Komisi II DPR RI Dr.Ahamad Doli Kurnia Tandjung M.MT yang juga adalah Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar dan PLT Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Papua

Lanjut HYU menjelaskan dalam kesempatan yang sama di sela- sela RAKAR &RDP MENDAGRI R.I dan KOMISI II DPR RI dalam kapasitas memegang mandat Rakyat Grime Nawa selaku Kepala Kantor Penghubung Calon DOB Kabupaten Grime Nawa Provinsi Papua Di Jakarta yang menjadi Perpanjangan tangan Masyarakat Adat Grime Nawa Papua di Ibukota NKRI yaitu di Provinsi  DKI Jakarta,.

kami pada kesempatan pertama telah melakukan komunikasi-komunikasi politik dengan pimpinan dan Anggota DPR PAPUA yang hadir dalam Raker dan RDP MENDAGRI R.I dan Komisi II DPR R.I pada Tanggal 20 Maret 2023 yang lalu

Hasil komunikasi politik kami terkait percepatan pembentukan Daerah Otonom Baru Kabupaten Grime Nawa di Provinsi Papua sebagaimana yang sudah kami sampaikan diatas.

Telah kami laporkan  juga pada kesempatan pertama kepada Kepala Biro Tata Pemerintahan Dan Otonomi Khusus Setda Provinsi Papua Bapak Jimmy Wanimbo SH. M.Div salah satu birokrat dengan segudang prestasi dan putra terbaik Asli Papua di Lingkup Jajaran Pemerintah Provinsi Papua,”Jelas HYU sambil menutup telpon selulernya

 

 

 

 

Berita Lainnya untuk Anda

Tinggalkan Komen