Letjen TNI I Nyoman Cantiasa Jadi Wakabin : HYU Ucapkan Selamat Bertugas Jenderal

oleh manager
141 tampilan
Bagikan berita ini

Jakarta (Jenderalnews.com) – Panglima TNI Laksamana Yudo Margono merotasi sejumlah jabatan berkaitan dengan intelijen dalam mutasi terbarunya. Mutasi dan rotasi itu tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1286/XI/2023 tanggal 9 November 2023 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI. Total, ada 105 perwira tinggi (pati) dari tiga matra yang mengalami mutasi dan rotasi kali ini.

Dengan rincian, TNI AD 56 pati, TNI AL 37 pati, dan TNI AU 12 pati. Kebijakan mutasi dan rotasi ini dilakukan Panglima Yudo jelang memasuki usia pensiun pada akhir November 2023. Di sisi lain, pemilihan umum (Pemilu) akan digelar tahun depan. Selain itu, mutasi terbaru tersebut menunjukkan perubahan signifikan di jajaran intelijen. Tetapi, Markas Besar (Mabes) TNI menyebutkan bahwa mutasi itu hal biasa.

Letnan Jenderal (Letjen) I Nyoman Cantiasa ditunjuk menjadi Wakil Kepala Badan Intelijen Negara (Waka BIN). Nyoman Cantiasa yang berpengalaman di satuan Komando Pasukan Khusus (Kopassus) atau pasukan elit TNI AD tersebut akan menggantikan posisi Letjen (Purn) Teddy Lhaksmana.

Ia sebelumnya menjabat Koordinator Staf Ahli (Korsahli) KSAD dan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III. Peraih Adhi Makayasa tahun 1990 tersebut juga pernah menjabat sebagai Panglima Kodam XVIII/Kasuari, Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus, serta beberapa kali terlibat dalam operasi seperti operasi seroja, pemberontakan di Aceh, operasi Mapenduma hingga operasi Nemangkawi.

Ditempat terpisah Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Gerakan Rakyat Cinta Indonesia ( Dpn Gercin Indonesia ) HYU sapaan akrab dari Hendrik Yance Udam yang di hubungi media ini  ( Selasa 14 Nomvember 2023 ) saat berada di Bogor Jawa Barat

HYU memgucapkan selamat dan  sukses atas ditunjuknya Letjen TNI I Nyoman Cantiasa sebagai Wakil Kepala Badan Intelijen Negara ( Wakabin ) Oleh Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

Dikatakan HYU Selamat bertugas Jenderal, Semoga dengan Amanah yang diberikan oleh Negara kiranya  pak Cantiasa sebagai Wakabin yang baru  dapat diembannya dengan baik untuk  kepentingan Bangsa dan Negara ,”ucap HYU dibalik telpon selulernya sambil menutup telponnya

 

 

 

Berita Lainnya untuk Anda

Tinggalkan Komen