HUT 205 Kapitan Pattimura : HYU IKEMAL Banyak Memberikan Kontribusi Bagi Kemajuan Tanah Papua

oleh manager
Bagikan berita ini

Jayapura (Jenderalnews.com) – Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Gerakan Rakyat Cinta Indonesia (Dpn Gercin Indonesi HYU sapaan akrab dari Hendrik Yance Udam yang di mintai tangapannya tentang HUT Kapitan Pattimura yang ke 205 saat mengikuti HUT Kodam  XVIII/Cenderawasih di Kantor Gubernur Provnsi Papua. (Selasa 17 Mei 2022)

HYU mengatakan bahwa,”Pahlawan Nasional asal Provinsi Maluku yaitu Kapitan Pattimura atau Thomas Matulessy bukan hanya kebangaan atau di miliki oleh orang Maluku saja namun juga merupakan kebangaan dan di miliki oleh seluruh masyarak Indonesia dari sabang sampai Merauke termasuk masyarakat Papua.

Spirit politik nasionalisme Kapiten Pattimura pada saat itu berjuang dengan sekuat tenaga jiwa dan ranganya untuk mempertahankan NKRI dan mengusir para penjajah dari Indonesia terlebih khusus di Tanah maluku. Harus di pertahankan dan di ajarkan serta di wariskan kepada generasi muda Indonesia saat ini,”Kata HYU

Di jelaskan HYU,”Masyarakat Maluku di Indonesia terlebih khusus yang ada di Tanah Papua  yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Besar Maluku (IKEMAL) Papua banyak memberikan kontribusi nyata untuk pembangun di Indonesia dan terlebih khusus yang ada di Tanah Papua.

Para leluhur  orang maluku yang datang ke Tanah Papua pada saat itu tidak datang di Mall- Mall, dii tokoh – tokoh atau di tempat – tempat mewah tetapi mereka datang ke gunug – gunung dan lembah – lembah ngerai dan pantai di seluruh polosok Tanah Papua untuk mengajari orang Papua tentang pendidikan Ilmu pengetahuan serta  peradaban baru di Tanah Papua,”Jelas HYU

HYU juga berharap agar supaya orang maluku yang ada di Tanah Papua dan di seluruh Indonesia tetap terus berjuang bersama – sama dengan  anak Bangsa lainnya untuk memajukan  dan mempertahakan NKRI dari perpecahan serta terus memberikan kontrisbusi bagi kemanjuan Banga dan Negara Indonesia,”Harap HYU.

Seperti di wartakan sebelumnya,” Ribuan masyarakat maluku di Papua rayakan HUT 205 tahun pahlawan Nasional Indonesia asal Maluku Kapitan Pattimura bersamaan dengan Halal Bihalal yang bertempat di Gedung Olah Raga STT GIDI Sentani pada 15 mei 2022 ribuan masyarakat Maluku ini dari Kota Jayapura  , Kabupaten Jayapura dan Keerom.

Pahlawan Kapitan Pattimura dengan nama lengkap Thomas Matulessy merupakan pahlawan Indonesia yang bersama masyarakat maluku 205 Tahun yang lalu berjuang melawan penjajahan untuk mempertahankan Maluku dalam Bingkai NKRI

Untuk mengenang jasa Kapittan Pattimura masyarakat Maluku memperingati dengan beberapa aksi diantaranya Lari Obor , Tarian Tradisional Maluku,Makan Patita dan Hiburan Oleh Penyanyi Ona Hetharua bersama Willy Sopucua .

Acara HUT Pattimura ini dirayakan selama 2 hari dari tanggal 14 – 15 mei 2022 dimana tanggal 14 mereka merayakan dengan aksi lari Obor dan tarian tradisional sedangkan tanggal 15 mereka merayakan makan Patita dan Hiburan yang dikemas dalam acara Halal Bihalal.

Halal Bihalal merupakan tradisi masyarakat Indonesia yang dilakukan setelah hari raya Idul Fitri maka sebagain masyarakat Maluku yang muslim meyarakannya sebagai menjalin hubungan kasih dalam kerukunan  ( Silaturaim ) dan saling maaf memaafkan.

Ketua Ikemal untuk Tanah Papua, L Christian Sohilait, menjelaskan dari semua kegiatan  ini, evoria masyarakat Maluku sangat luar biasa. namun ini bukan sekedar evoria semata, tetapi ada semangat perjuangan  205 tahun lalu Pattimura melakukan perjuangan dengan darah mereka.

“Tetapi hari ini Pattimura-Pattimura mudah memperjuangkan dengan kemampuan fisik, maupun kemampuan intelektual kita itu yang  kita persembahkan untuk tanah Papua,” terang Sohilait.

 

 

Berita Lainnya untuk Anda

Tinggalkan Komen