9 Negara Yang Memberikan Dukungan Papua Merdeka : Saran HYU Di Butuhkan Diplomasi Internasional

oleh manager
105 tampilan
Bagikan berita ini

Jakarta (Jenderalnews.com)  Sejumlah pejabat dan politikus di sejumlah negara sempat membuat Indonesia gerah karena mendukung Papua merdeka.Isu ini mencuat setelah tokoh sekaligus aktivis gerakan Papua merdeka, Benny Wenda, mengklaim Selandia Baru adalah pendukung kuat Papua Barat pada Rabu (22/2).Hal itu diutarakannya saat diwawancarai Radio New Zealand (RNZ) soal penyanderaan pilot Susi Air yang berkewarganegaraan Selandia Baru, Philip Mark Mehrtens.

Dalam wawancara itu, Benny menyerukan Organisasi Papua Merdeka (OPM) untuk membebaskan Mehrtens karena Selandia Baru merupakan pendukung Papua Barat. Ia bahkan mengklaim Selandia Baru dan Gerakan Papua Merdeka berhubungan sangat baik.

 https://www.cnnindonesia.com/internasional/20230223104838-113-916815/9-negara-sempat-bikin-ri-gerah-gegara-ada-yang-dukung-papua-merdeka/1

Hal tersebut  mendapatkan tangapan santai dari HYU sapaan akrab dari Hendrik Yance Udam  Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Gerakan Rakyat Cinta Indonesia ( Dpn Gercin Indonesia ) Tokoh Nasional asal Papua yang di  hubungi media ini  melalui telpon selulernya ( Minggu 26  Ferbuari 2023 ) saat berada di Jakarta.

HYU mengatakan bahwa, Secara Hukum Internasional  melalui Resolusi PBB nomor 2504   ( XXIV ) Tanggal 19 November 1969 Papua  adalah merupakan bagian Integral dari NKRI.

Namun secara politik  Papua belum final karena isunya selalau di gaunkan oleh  Negara Barat dan  Negara di Pasific. Sebab motif utama mereka adalah Sumber Daya Alam Papua yang melimpah.

Sebab pintu masuknya untuk melepaskan papua dari NKRI yaitu melalui isu – isu pelangaran HAM yang terjadi di Papua ,”Kata HYU

Lebih lanjut HYU menjelaskan,” Buktinya ada 9 Negara yang memberikan dukungan terhadap Papua Merdeka. Itu baru yang terdata belum lagi yang belum terdata karena masi banyak lagi Negara-Negara Barat yang mendukung Papua terlepas dari NKRI,”Jelas HYU

HYU juga  menyarankan agar supaya pemerintah pusat dapat melakukan langkah – langkah preventif untuk penaganan  isu Papua dan jangan kita mengangap reme tentang persoalan Papua yang semakin membuming.

Sebab persoalan Papua  bagaikan bara api dalam sekam atau bagaikan bom waktu yang setiap saat bisa meledak sesuai dengan kepetingan sponsor.

Oleh sebab itu  di perlukan  Diplomasi Politik Internasional yang persuaasif dalam menekan lajunya  isu Papua Merdeka yang berkembang di Dunia Internasional,”Saran HYU sambil menutup telpon selulernya (Arif )

 

Berita Lainnya untuk Anda

Tinggalkan Komen